Sabtu, 12 Maret 2016

Khasiat dan Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan ManfaatJambu Biji. -Buah jambu biji (Psidium guajava) atau disebut juga jambu batu, jambu siki dan jambu klutuk ini adalah buah tanaman tropis yang merupakan keluarga dari Myrtaceae dan  buah asli yang  berasal dari Brasil, namun kini sudah menyebar keberbagai Negara salah satunya Indonesia yang disebarkan melalui Negara Tahiland. Jambu batu ini  memiliki kulit buah dengan warna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah. Dan buah jambu batu ini dikenal kaya akan vitamin C nya.

Mayoritas masyarakat Inonesia sudah sangat mengenal buah yang satu ini, sebagian sudah dikenal sejak lama dan sebagian  merupakan introduksi dari Negara lain. Ada beberapa kultivar/macam buah jambu biji yang dikenal di Insonesia, yaitu Jambu biji Kristal Taiwan, jambu tanjung barat, jambu biji getas merah, jamb Australia, jamabu sukun, jambu Bangkok dan jambu Kristal. Jadi tidak mengherankan kalou masyarakat Indonesia sangat menyukai buah yang satu ini, karena selain enak, manis, segar juga sangat mudah didapatkan.


Selain dapat dimakan langsung buah jambu biji juga bisa dibuat menjadi jus. Manfaat jus jambu biji ini sangat baik untuk kesehatan tubuh selain mnyegarkan dan mnyehatkan juga lebih ada citra rasanya dibandingkan dengan dimakan langsung. Namun harus diingat untuk membuat jus jambu biji ini harus menggunakan cara benar untuk membuat jus, agar kandungan yang didalam buah ini tidak hancur.

Buah jambu biji mengandung banyak vitamin dan searat, sehingga sangat cocok untuk manjaga kesehatan tubuh. buah jambu yang memiliki warna daging merah mengidikasikan jambu ini kaya akan vitamin A.  tidak hanya itu kandungan nutrisi yang terdapat pada jambu biji juga terdapat asam acrobat/vitamin C yag sangat tinggi.  Nah disetiap 100 gr buah jambu biji teradpat banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh namun hanya sebagiannya saja, lihatlah table dibawah ini.
Kandungan Gizi Jambu Biji Merah per 100 gram
No
Nama Kandungan Gizi
Jumlah Kandungan Gizi
1
Serat Diet
5.4 gr
2
Air
86 gr
3
Besi
0.26 mg
4
Thiamin
0,067 mg
5
Fosfor
11 mg
6
Vitamin A
624 IU
7
Vitamin C
228 mg
8
Vitamin E
0,73 mg
9
Vitamin K
2.6 mcg
10
Kalium
417 mg
11
Kalsium
18 mg
12
Karbohidrat
14,3 g
13
Magnesium
22 mg
14
Mangan
0,150 mg
15
Natrium
2 mg
16
Selenium
0.6 mcg
17
Protein
2,55 g

Selain itu hasil dari penelitian di Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menytakan bahwa jambu biji tergolong diantara buah yang kaya dengan antioksidanny. Jika kita jadikan jambu biji sebagai makanan sehari-hari tentunya akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan akan terhindar dari berbagai macam serangan penyakit.

Manfaat Buah Jambu Biji :
Dari banyaknya kandungan yang terdapat pada jambu biji yang telah di paparkan di atas tentunya jambu biji ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan obat. Diketahui sudah dari dulu nenek moyang bangsa ini sudah membuat obat-obatan secara herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya manfaat jambu biji ini yang memiliki banyak khasiatnya. Lalu apa saja manfaat jambu biji ini ?. langsung aja simak dibawah ini:
  •  Melancarkan sistem pencernaan
Kandungan serat pada buah jambu merah diketahui sangat banyak, didalamnya terkandung sumber serat larut yaitu sekitar 14% dari RNA atau sekitar 5,4 per 100 gr buah.  Hall inilah yang akan membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Dan selain itu, kandungan serat ini juga bermanfaat untuk melindungi membrane mukosa usus, yaitu dalam melindungi efek buruk dari racun dan mengikat berbagai bahan kimia di usus besar.
  • Menangkal Radikal Bebas
Kandungan Vitmain C yang banyak pada buah ini diyakini sebagai penangkal radikal bebas, selain itu vitamin C ini sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan dan daya tahan tubuh.
  • Mencegah Kaker
Lemahnya kandungan kalori dan lemak pada buah jambu merah, serta terdapat banyak kandungan vitamin dan mineral penting di dalamnya yaitu senyawa antioksidan  poli-fenolik dan flavonpid mampu mencegah pertumbuhan kanker.
  • Menjaga Fungsi Otak dan Syaraf
Karena jambu biji merah mangandung Vitamin B3 dan Vitmain B6, jadi tidak mengherankan jika bauh ini akan bermanfaata dalam merangsang fungsi otak. Selain itu vitamin B6 dikenal juga sebgai pyridoxine yang mampu meningkatkan aliran darah serta memberi nutrisi penting bagi otak dan fungsi dyaraf.
  • Mengurangi dan Mencegah Hipertensi
Penelitian menunjukan bahwa bahan makanan yang kurang serat (seperti tepung halus) akan menambah tekanan darah, karena kinversi cepat untuk gula. Buah jambu kaya akan serat sehingga efektif membantu dalam menurunkan tekanan darah dan memicu kerja jantung lebih baik yang mencegah timbulnya penykait jantung.
  • Mengatasi Diare
Kandungan senyawa astringen pada jambu biji berfungsi untuk melindungi dari diare. Astringen ini berfungsi sebagai disenfektan serta anti bakteri yang bersifat alkali, sehingga antringen ini akan menghambat pertumbuhan mikroba dan menghilangkan lendir sekdtra pada usus. Selain itu kandungan vitamin C, karetenoid dan kalium juga sangat bermanfaat dalam memperkuat sistem pencernaan sekaligus disenfektan.
  • Mengobati sembelit
Jambu biji merupakan salah saru sumber serat terkaya dalam hal buah. Bagian bijinya jika kita telan atau dikunyah akan sangat berfungsi untuk obat pencahar. Lalau sifat jambu biji trsebut akan membatu pembentukan gerakan usus yang sehat dan membantu tubuh dalam mempertahankan air dan bener-benar akan membersihkan usus.
  • Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan Vitamin A yang sangat banyak pada buah jambu biji yang juga kita temukan pada manfaat wortel, hal ini bermafaat untuk membantu memperlambat munculnya katarak, degenarasi macula dan kesehatan mata.
  • Merawat Kulit
Selain untuk mengobati berbagai macam penyakit jambu biji juga bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan astringen dalam jambu biji sangat membantu dalam meningkatkan sekstur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur. Tidak hanya itu jambu biji juga mengandung vitamin A, C dan potasium yang banyak sebgai antioksidan. Nah nutrisi ini jug akan membantu proses detoksifikasi kulit tetap sehat dan bebas dari keriput.

Jambu merupakan buah yang istimewa, selain bermanfaat banyak untuk kesehatan juga sangat enak untuk dikonsumsi setiap hari. Selain itu juga buah ini sangat akrab dengan masyarakat jadi akan dengan mudah kita mendapatkannya.

Nah itulah sekilas tentang manfaat jambu biji untuk kesehatan, semoga dengan artikel ini semua orang bisa lebih mencintai buah-buahan dan melestarikannya. Dan jangan lupa untuk mengshare ke teman, kerabat, keluarga dan siapa aja yang ingin anda share.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar