Senin, 07 Maret 2016

Khasiat dan Manfaat Jambu Bol untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jambu Bol. -Jambu bol yang bernama ilmiah Syzygium malaccense ( yang artinya Berasal dari malaka) merupakan pohon buah yang masih berkerabat dengan jambu-jambuan. Namun jambu bol ini memliki tekstur daging yang lebih lembut dan padat dibandingkan dengan jambu air. selain karena rasanya yang lebih nikmat juga karena ketebalan dagingnyalah yang menyebabkan buah ini lebih banyak disukai banyak orang. Dan biasanya buah jambu ini dimakan segar atau dijadikan sebagai rujak.

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya mengapa buah ini dinamakan jambu bol?. Memang tidak begitu jelas namun yang pasti bol ini merupakan bahasa melayu. Namun di kampung kami buah jambu ini disebut jambu bool ( Bahasa Sunda) , karena bentuknya yang agak mirip dengan pantat. Tidak hanya itu saja setiap daerah memiliki nama tersendiri untuk buah yang satu ini cotohnya jambu bo, jambu jambak (Min.), jambu bolo (Mak.), jambu bolu (Bug.), jambu darsana, dersana, tersana (Jw. Md.) dan masih banyak lagi yang lainnya. Sementara itu dalam bahasa Inggris buah ini dikenal sebagai Malay apple.

Pada zaman dahulu tepatnya pada zaman Hindia Belanda, jambu bol ini sempat di jadikan usaha besar-besaran. Sastrapraja et al (1980) memberikan alas an “… karena tidak adanya peremajaan sehingga banyak pohon yang mati dan tidak produktif”. sehinga kini  jambu bol ini hanya digunakan sebagai tanaman pekarangan saja. Nah diantara ketiga jenis buah jambu antara jambu air, jambu batu, dan jambu semarang, jambu bol termasuk termahal diantara ketiganya.
Khasiat dan Manfaat untuk Kesehatan Tubuh
www.tradisionalkesehatan.com
Buah jambu bol ini memiliki rasa asam hingga manis, serta sari buahnya yang banyak hingga memiliki aroma yang khas. Dalam  buah jambu bol ini ternyata tidak hanya manis, terdapat banyak kandungan gizi pula pada buah ini. jadi tidak salah jika buah jambu bol ini memiliki manfaat untuk kesehatan, sama halnya dengan manfaat jambuair untuk kesehatan ,keduanya saling melnegkapi satu sama lainnya.

Kandungan Jambu Bol Setiap 100 gram
No
Kandungan
Jumlah Nutrisi
1
Tenaga
56 kkal
2
Protein
0,6 gr
3
Karbohidrat
14,2 gr
4
Lemak
0,3 gr
5
Kalsium
29 mg
6
Zat besi
1 mg
7
Fosfor
16 mg
8
Vitamin A
130 IU
9
Vitamin B1
0,02 mg
10
Vitamin C
22 mg

Manfaat Buah Jambu Bol untuk Kesehatan

Jika kita lihat dari kandungan yang terdapat pada buah jambu bol ini wajar saja jika jambu bol memiliki manfaat untuk kesehatan. Namun tidak hanya buahnya yang bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari biji, kulit sampai daun buah jambu bol ini bisa kita jadikan obat.  Lalau apa saja manfaat jambu bol untuk kesehatan ?. langsung saja simak dibawah ini
  • Sebagai Antibiotik
Buah, biji dan daun jambu bol  dapat kita jadikan sebagai antibiotic dan memiliki efek pada tekanan darah dan pernafasan, sehingga tubuh kita akan terhindar dari serangan berbagai macam jenis penyakit.
  • Meredakan Disentri
Akar jambu Bol ini bersifat diuretic dan dapat mengatasi penyakit disentri anda, dan juga bisa mengatsi bengkak. segeralah mengobati disentri anda, karena penyakit ini biasa meular pada siapa saja yang ada didekat anda.
  • Mengatasi Demam
Seduhlah buah, biji dan daun jambu bol ini secukupnya. Nah seduhan tadi bisa anda gunakan untuk mengatsi demam.
  • Pelembab Kulit
Ambilah Daun jambu bol yang masih muda, kemudian haluskan menggunakan belender, dan gunakanlah sebgai pelembab kulit anda. pastinya dengan pelembab yang alami dari jambu bol ini akan lebih bagus dibandingkan menggunakan bahan kimia.
  • Mengobati Sariawan
Ambilah Secukupnya kulit kayu jambu bol, kemudian seduh dengan air. Nah gunakan seduhan itu untuk mengobati sariawan anda, karena kandungan Vitmain C pada buah ini akan sangat efektip untuk mengatasi sariawan adan. tidak hanya itu bubuk dari daun kering jambu bol ini juga dapat anda manfaatkan untuk mengobati luka di lidah anda.
  • Mengobati Infeksi Mulut dan Permasalahan Tenggorokan
Nah untuk mengatasi masalah mulut karena infeksi gunakanlah jus daun jambu bol. Sementara untuk masalah tenggorokan gunakanlah ekstrak kulit kayu buah ini.
  • Mengobati Gatal-gatal
Ambilah kulit jambu bol, kemudian tumbuk hingga bubuk, kemudian oleskanlah hasil tumbukan tadi pada bagian tubuh yang gatal. Meang gampang sekali caranya maka dari itu janganlah terburu-buru untuk pergi ke dokter kulit.
  • Menjaga Kesehatan Mata
Dari kandungan yang sudah di jelaskan diatas, salah satu kandunganya adalah terdapat Vitamin A. nah vitamin A ini lah yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata anda. selain itu vitamin A ini juga bisa meningkatkan fungsi sel darah putih sebagai antibody dan antivirus.

Itulah beberapa manfaat buah jambu bol untuk kesehatan. Memang tuhan menciptakan sesuatu itu dengan manfaatnya tersendiri. Selain enak dan menyegarkan ternyata buah jambu bol ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi rajin memakan buah-buahan yang lainnya juga, pastinya tubuh akan selalu fit dan sehat.

Semoga artikel kami ini bermanfaat untuk semua yang membacanya dan jangan lupa untuk membagikan info ini kepada teman, kerabat dan keluarga anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar