Sabtu, 05 Maret 2016

Manfaat dan khasiat Tumbuhan Jahe untuk Kesehatan

Khasiat Tumbuhan Jahe untuk Kesehatan. -Siapa sih yang tidak tau tumbuhan jahe ? Tumbuhan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga anda. Di daerah pedesaan tumbuhan jahe sudah pasti ada di dapur untuk melengkapi bumbu masak. Namun di daerah perkotaan mungkin anda akan merasa sedikit sulit untuk menemukannya. 

Tumbuhan jahe (Zingiber officinale) merupakan tanaman rimpang berbentuk jemari yang menggebung diruas-ruas tengahnya. Jahe sangat populer karena khasiatnya,  selain dijadikan bumbu masak juga sebagai campuran jamu dan juga dijadikan wedang jahe. Di era moderen ini, kini jahe sudah di jadikan sebagai campuran makanan seperti permen jahe, selai jahe, dodol jahe dan lain sebagainya.

Kandungan senyawa yang terdapat pada jahe sangatlah berkahsiat untuk kesehatan anda. Contonya senyawa phenol,  faktanya memiliki efek anti radang dan ampuh untuk mengusir penyakit sendi serta ketegangan yang dialami otot. Jahe juga mengandung zingilberene dan shogol  yang dikenal sebagai anti oksidan dan efektif  melawan kanker.

Senyawa lainnya yaitu minyak astri yang terkandung dalam rimpang jahe. Senyawa ini mampu mereduksi nyeri, sebgai anti-imflamasi dan pembasmi bakteri. Minyak astri inilah yang menyembabkan aroma khas pada jahe.  Dan masih banyak lagi senyawa yang terkandung dalam jahe ini seperti minyak damar, mineral sineol, kamfer, fllandren, zingiberin dan zingiberol (yang menimbulkan aroma pedas),  gigerol, zingeron, asam aminos, Vitamin A, B1, C dan masih banyak lagi.

Nah setelah menjelaskan tentang kandungan senyawa yang sangat melimpah pada tumbuhan jahe, Pasti anda ingin tahu lebih rinci tentang manfaat jahe untuk kesehatan tubuh anda. Langsung saja anda simak dibawah ini.

Manfaat dan khasiat Tumbuhan Jahe untuk Kesehatan
Tradisionalkesehatan.com



  • Manfaat Jahe untuk pereda flu, pikek dan sakit kepala
Sama halnya seperti manfaat kunyit ternyata manfaat jahe juga sudah banyak yang mengetetahuinya. terbukti sudah banyak orang telah mempraktikan resep ini dan dapat sembuh dengan cepat dari pilek dan flu. Caranya, sediakan jahe segar 500 gr, kemudaian jahe ini diiris dan rebus selama 20 menit lalau tambahkan gula merah 100 gr, kemudian anda minum 4 -5 kali dalam sehari. Atau anda juga bisa dengan meredam kakai sampai pergelangan dalam air jahe panas, kemudian tambahkan cuka dan garam jangan lupa tambahkan air angat secara bertahap. Lakukan perendaman itu sampai kaki anda merah, metode yang satu ini sangat bagus untuk meredakan sakit kepala dan batuk.

  • Manfaat jahe untuk menurunkan tekanan darah (hipertensi)
Jahe dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, sehingga darah mengalir lebih cepat dan lancar dan membuat kerja jantung dalam memompa darah semakin ringan. Caranya sangat mudah sekali redam kaki anda dengan air jahe hangat selama kurang lebih 15 menit.

  • Manfaat jahe untuk membantu pencernaan
Jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang berfungsi untuk mencerna lemak dan protein. Caranya tumbuk rimpang jahe lalu rebus dengan air mendidih selama setengah jam , kemudian diminum airnya.

  • Manfaat Jahe untuk Mengobati batuk dan  Sakit Tenggorokan
Jahe terkenal sebagai obat Ayuverdic untuk obat batuk dan sakit tenggorokan. Jahe ini tidak hanya akan menenangkan saluran tenggorokan, namun dapat mempercepat proses penyembuhan.

  • Manfaat jahe untuk menurunkan kolesterol
Hasil riset dari sejumlah studi menunjukanbahwa mengkonsumsi jahe secara rutin efektif  mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan hati. Senyawa gingerol dalam jahe juga memiliki efek antikolagen yang mampu mencegah penggumpalan darah. Merangsang pelepasan hormon adrenalin yang mampu melancarkan aliran darah.

  • Manfaat jahe untuk membuang racun dalam tubuh
Jahe mengandung senyawa anti-inflasi yang  dapat meningkatkan sirkulasi darah. Rebus 200 gr bubuk  jahe dengan air hangat, kemudian berendamlah selama kurang lebih 20-30 menit. untuk memenuhi cairan kebutuhan tubuh yang hilang melalui keringat berendamlah sambil minum air putih.

  • Manfaat jahe untuk mengobati luka
Selain untuk mengurangi rasa sakit jahe juga sangat bagus untuk mengobati luka. Caranya sangat mudah sekali, sediakan jahe merah kemudian tumbuk dan tambahkan sedikit garam, setelah itu tempelkan pada bagian tubuh anda yang terluka.

  • Manfaat Jahe untuk mengobati sakit perut
Untuk mengobati sakit perut jahe sangat lah ampuh, sebab jahe memiliki sifat analgesik dan menenangkan.

Nah itulah beberapa manfaat yang sudah anda baca sampai tuntas yang kami informasikan. Gimana begitu banyakkan manfaat dan khasiat Jahe untuk kesehatan ?. itu hanya sebagian kecilnya saja masih banyak lagi yang bisa anda peroleh dari tumbuahan jahe.

Terimakasih atas kunjungannya ke blog kami ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar